2/05/2017

Meningkatkan Peringkat Blog Dengan SEO Review Tools

Meningkatkan Peringkat Blog; SEO Review Tools

Semua blogger pasti ingin sekali artikelnya berada di peringkat halaman pertama search engine. Meningkatkan peringkat SEO blog adalah salah satu cara mencapai hal tersebut apalagi dibantu dengan seo review tools yang cukup mudah untuk digunakan.

Sebelum berbicara lebih jauh, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sebuah upaya untuk membuat halaman website atau blog berada pada halaman pertama search engine agar bisa mendatangkan pengunjung organik.

Seorang blogger akan merasa senang jika blog yang ia bangun memiliki pengunjung organik yang banyak, karena akan mempermudah dalam pekerjaan untuk meningkatkan trafik blog yang mereka miliki.

Apakah Memaksimalkan SEO itu susah?

Untuk menilai sulit tidaknya mengelola SEO dalam meningkatkan peringkat blog tergantung dari pemahaman masing-masing orang. Ketika seorang blogger mau mencari referensi yang terbaru dalam membangun SEO maka dengan sendirinya kesulitan itu akan teratasi.

Saat ini untuk melakukan sebuah review SEO dalam website atau blog cukup mudah. Banyak sekali tool gratis yang ditawarkan dari berbagai layanan SEO review antara lain Seoreviewtools.com. Website ini menyediakan beberapa tool untuk melihat berbagai faktor SEO yang ada di blog hanya dengan melakukan beberapa klik.

Beberapa fasilitas seoreviewtools.com yang dapat dinikmati secara gratis antara lain:
  • SEO Authority Tools
    1. Authority Checker
    2. Domain Authority Checker dan Page Authority Checker
    3. Backlink Tools/Links Checker
  • Technical SEO Tools
    1. Bulk Meta Robot Checker
    2. SEO List Crawler
    3. Internal Link Analyzer
  • SEO contents Tools
    1. SEO Keyword Suggestion tools
    2. SEO Content Editor
    3. Duplicate Content Checker
  • Social Media Tools
    1. Bulk Facebook Share Count Checker
    2. Social Page Authority Checker
    3. Google Plus Profile Engagement Checker

Membangun blog; Meningkatkan peringkat blog; Membangun SEO; Memaksimalkan SEO;

Berbagai fasilitas review ini tentu saja akan mempermudah para blogger untuk melihat faktor SEO dalam blog yang sedang mereka bangun. Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam memperoleh peringkat halaman pertama di search engine adalah SEO Content Editor.

SEO Content Editor berfungsi untuk memaksimalkan faktor SEO dalam sebuah artikel atau konten sebelum di publish. Tool ini akan sangat membantu jika blogger mau mempelajarinya dengan baik. Cukup dengan melakukan optimalisasi melalui form yang sudah disediakan maka konten tersebut akan memiliki faktor SEO yang cukup berpengaruh dalam peringkat di search engine.

Dalam SEO Content Editor ada beberapa faktor yang mempengaruhi skor SEO yaitu kata kunci, deskripsi, gambar dan link. Jika keempat faktor tersebut bisa dipenuhi maka skor SEO akan berada pada peringkat yang baik atau ditunjukkan dengan warna hijau. Seorang blogger cukup memasukan beberapa syarat tadi ke dalam SEO content editor dan melihat skor yang dihasilkan. Apabila nilai skor SEO yang muncul belum maksimal maka bisa dilakukan beberapa modifikasi untuk meningkatkan skor dalam menilai faktor SEO dalam konten tersebut.

Fasilitas lainnya yang tidak kalah penting adalah duplicate content checker. Memiliki konten yang unik dan tidak sama dengan yang lain tentu saja akan membuat blog atau website lebih sehat tanpa memiliki resiko apa-apa seperti komplain dari pihak lain yang merasa memiliki hak cipta atas konten yang sama.

Memiliki konten yang unik juga sangat disenangi oleh google search engine karena memiliki kekayaan yang bermakna dalam artikel tersebut. Google boot akan secara otomatis mengidentifikasi kemiripan konten antara satu dengan yang lainnya. Ketika memiliki kemiripan yang sama maka pihak google bisa mengeluarkan beberapa kebijakan jika mendapatkan laporan dari pemilik aslinya.

Kelebihan Memaksimalkan SEO dalam Blog atau Website.

Mungkin banyak blogger yang menganggap SEO itu tidak perlu dan cukup menulis artikel sebanyak-banyaknya, maka trafik blog akan meningkat dengan sendirinya. Tetapi dalam kenyataannya banyak blog yang memiliki konten melimpah belum tentu memiliki trafik yang lebih tinggi dibanding blog yang hanya dengan beberapa konten tetapi selalu memperhatikan faktor SEO.

SEO adalah cara untuk membuat nilai jual dari artikel tersebut lebih mahal. Ketika artikel bisa menduduki halaman pertama pada search engine maka pengunjung organik akan muncul dengan sendirinya. Memiliki artikel yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang serta berada di halaman serta search engine tentu saja merupakan investasi yang mahal dalam men sebuah blog. Ketika artikel tersebut memiliki nilai investasi dalam meningkatkan peringkat atau trafik maka sistem kerja seorang blogger akan lebih ringan dan tidak harus mengejar jumlah postingan tiap hari.

Melakukan share ke media sosial merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan sebuah blog ke khalayak umum. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan secara massal karena akan berdampak pada blog itu sendiri. Menciptakan backlink cukup dilakukan dengan proporsional dan berkualitas sehingga bisa membantu meningkatkan peringkat nilai SEO dalam sebuah blog atau website.

Ketika faktor SEO betul-betul diterapkan dalam membangun sebuah blog atau website maka seorang blogger akan lebih mudah dalam mengoptimalkan kinerja dari blog tersebut serta menciptakan follower. Kemudahan ini tentu saja akan memperingan beban kerja dan betul-betul bisa merasakan manfaat dari membuat sebuah blog atau website.

Sumber Gambar: www.pixabay.com

Kolom Komentar >>BukaTutup