2/04/2017

Mengenal Sejenak Sejarah Blogger Bagi Pemula


Mengenal Sejenak Sejarah Berdirinya Blogger Bagi Pemula-Halo sobat blogger semua, salam sejahtera bagi kalian semua. Sengaja produkreview.com menampilkan posting pertamanya dengan judul mengenal sejarah blogger terutama bagi pemula. Hal ini bertujuan untuk mengajak kalian semua melakukan flash back sejenak selaku seorang blogger yang sudah barang tentu harus mengenal awal mula berdirinya blogger agar tidak lupa akan identitas dan esensial dari blog itu sendiri.

Postingan ini adalah post pertama yang diluncurkan oleh produkreview.com dalam usahanya untuk ikut ambil bagian dalam kancah blogging saat ini. Dunia informasi yang terus berkembang dan maju hingga saat ini sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa ikut terlibat di dalamnya, maka dari itu produkreview.com tercipta untuk memberikan alternatif informasi dari sudut pandang yang berbeda.

Mengingat ini adalah cikal bakal berdirinya produkreview.com maka sangat tepat jika topik yang dibahas adalah tentang sejarah rumah dari produkreview.com itu sendiri yaitu blogger.com.

Awal sejarah blogger didirikan oleh Pyra Labs tahun tanggal 23 Agustus 1999. Sebagai  pelopor pertama situs dalam bentuk blog di dunia, blogger berhasil berkembang dengan cukup maju hingga akhirnya di akuisisi oleh google sejak tahun2003. Sebelum media sosial bertebaran seperti sekarang ini, dahulu dunia blog berhasil merajai dunia internet dengan munculnya blogger-blogger di seluruh dunia. Orang mulai menyampaikan informasi baik itu bersifat ide, gagasan, informasi berita, sampai dengan cerita pribadi yang diwujudkan dalam karya kreatif mereka melalui situs blog.

Perkembangan blogger semakin meningkat setelah kepemilikannya diakuisisi oleh perusahaan raksasa yaitu Google. Beberapa fitur yang tadinya bersifat premium akhirnya digratiskan bagi pengguna blogspot.com. Tentu saja hal ini merupakan berita yang menggembirakan bagi pengguna setia blogger untuk mengembangkan blog pribadinya. Namun dalam perkembangannya pada tahun 2004 beberapa pendiri Pyra labs dan Evan williams akhirnya mundur dari perusahaan google karena perbedaan pandangan.

Hal ini tidak memutuskan semangat bagi google untuk mengambil alih pengelolaan sepenuhnya terhadap blogger. Pada tahun yang sama yaitu 2004 google mengakuisisi kembali perusahaan picasa untuk di integrasikan dengan blogger. Hal ini kembali lagi sangat menggermbirakan bagi para blogger karena mereka dapat memasang foto-foto di picasa ke dalam blog pribadi mereka. Sebuah integrasi untuk memudahkan bagi para pengguna dalam menyimpan foto dan publikasi untuk pengembangan blog mereka.

Semenjak tahun 2004 perkembangan blogger terus ditingkatkan. Pada tanggal 9 Mei 2004 google memperkenalkan kembali beberapa sistem baru yang diluncurkan dalam palform blogger yaitu template yang sudah memadahi sesuai dengan standart website, pemisahan arsip berdasarkan postingan, label, dan komentar dan melakukan posting melakukan email gmail.com.

Kabar gembira kembali diluncurkan oleh perusahaan raksasa ini, sejak tahun 2006 semua data blogger dipindahkan ke server google karena telah diklaim bahwa server google lebih baik dan stabil. Ketika semua data berhasil dimigrasikan maka pengguna lebih mudah dalam mengelola blog pribadinya melalui email googlenya. Segala fitur yang dimiliki oleh google kini bisa dikelola dengan satu akun gmail saja tanpa harus melakukan secara terpisah.

Fitur komentar dan profile pada blogger saat ini sudah bisa diintegrasikan dengan baik, sehingga pengguna bisa menetukan pilihannya sendiri dalam pemakain profile blog yang mereka kelola. Seiring dengan pengintegrasian data dalam wadah satu server milik google, maka berbagai fitur diluncurkan di saat ulang tahun google tahun 2009 dan setelahnya. Beberap fitur tersebut antara lain:

  • Menyematkan lokasi pada postingan.
  • Melakukan integrasi pada profile dan komentar dengan fasilitas google plus.
  • Sistem drag and drop pada setting tata letak.
  • Proses pratayang sebelum dipublikasikan.
  • Template mobile friendly.
  • Penautan Andsense Hosted pada blogspot.com

Khusus untuk Adsense Hosted, fasilitas ini sangat digandrungi para blogger hingga saat ini. Banyak orang berlomba memperoleh akun adsense hosted dari blog pribadinya. Bahkan tidak hanya itu, melalui domain TLD yang disematkan melalui blogger bisa dipakai untuk mendapatkan akun Adsense Non Hosted yang bisa dipasang pada berbagai platform blog atau website.

Itu tadi gambaran sekilas tentang sejarah blogger hingga saat ini. Melalui postingan ini pula kami memperkenalkan diri sebagai produkreview.com untuk membantu memberikan informasi yang berguna bagi pembaca. Dengan informasi yang disampaikan secara ringan dan singkat, semoga produkreview.com bisa tetap eksis ditengah jutaan blog yang sudah malang melintahg terlebih dahulu. Akhir kata, terima kasih atas waktu luangnya membaca artikel ini, dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Sumber data dan informasi: www.wikipedia.org
Sumber Gambar: Pixabay.com

This Is The Oldest Page
Kolom Komentar >>BukaTutup