9/27/2017

Whatsapp Kini Diblokir Sepenuhnya Di China

aplikasi whatsapp diblokir di negeri china
Whatsapp


Setelah Facebook diblokir pada tahun 2009 yang lalu, kini produk unggulan Facebook yang lain yaitu Whatsapp juga mengalamai nasib yang sama. Setelah pertengahan juni kemarin beberapa fitur tidak bisa dipakai seperti mengirim gambar dan video, kini semua akses termasuk mengirim teks juga tidak bisa dilakukan.

Whatsapp kini sudah diblokir sepenuhnya di negera China, hal ini karena layanan di Whatsapp yang memakai sistem enskripsi end-to-end sehingga pemerintah China tidak bisa mengawasi isi pesan yang dikirim antar penggunanya. Upaya firewall yang dilakukan pemerintah China terus ditingkatkan untuk memperkuat dalam pengawasan gerak-gerik melalui media sosial-Sumber detik.com (26/7/2019).

Dilansir dari tekno.kompas.com (19/7/2017) sebetulnya tidak hanya Whatsapp saja yang diblokir, beberapa situs media sosial lainnya juga mengalami hal yang sama seperti: Facebook, Twitter, Instagram, Blogspot, Google play hinggal Line.

Tentu saja ini sangat menguntung terhadap layanan sosial yang lain seperti WeChat, karena sistemnya tidak memakai enskripsi end-to-end maka aplikasi ini masih diperbolehkan dan menjadi primadona bagi masyarakat China saat ini.

Selain WeChat, Aplikasi sosial berbasis chat lainnya yang masih diperbolehkan untuk diakses di negeri China adalah Skype dan Apple FaceTime.

Semua ini dilakukan untuk mempermudah pemerintah China dalam mengawasi semua peregarakan melalui media sosial teramasuk aplikasi berbasis chat ini.

Semua yang dilakukan oleh pihak CEO Facebook, Zuckerberg, tidak membuahkan hasil, karena semua akses kini lumpuh total. Sebetulnya Zuckerberg sudah melalukan beberapa upaya pendekatan terhadap pemerintah China dengan sering berkunjung ke negara tirai bambu tersebut serta memperdalam bahasa mandarin dimana istrinya juga merupakan keturunan China.

This Is The Newest Post
Kolom Komentar >>BukaTutup