2/16/2017

Cara Mengganti Kepemilikan Webmaster Tools Secara Penuh

Cara untuk mengganti kepemilikan di webmaster tools secara penuh sebetulnya sangat mudah. Namun bagi yang belum pernah melakukannya akan mengalami kebingungan karena e-mail lama tidak mau dihapus secara permanen.-Produkreview.com.

data webmaster tools; mengganti e-mail webmaster;

Ada beberapa kasus yang memaksa orang untuk mengganti kepemilikan webmaster tools seperti perubahan data kepemilikan pada blog. Ketika seorang blogger melakukan perubahan admin blog dengan e-mail baru dan menghapus e-mail yang lama, maka langkah terbaik adalah mengganti juga kepemilikan pada webmaster tools agar ketika melakukan posting artikel baru, secara langsung bisa melakukan rendering di webmaster tools dengan e-mail yang sama tanpa keluar dari e-mail tersebut.

Webmaster tools yang sudah berumur lama biasanya sudah memiliki data yang ter indek secara baik di Google search serta beberapa posting yang sudah di index akan berada pada posisi yang stabil di Google search. Maka dari itu sayang sekali kalau webmaster tools yang lama harus dihapus dan membuat webmaster baru, karena data yang sudah terekam pada webmaster tools yang lama akan ikut terhapus dan blog tersebut harus memulai dari awal dalam hal fetch dan rendering.

Sebetulnya untuk mengundang pengguna lain untuk menjadi bagian administrator dalam webmaster tools cukup memasukan e-mail pengguna lain dalam add an owner. Namun bagi blogger yang ingin secara penuh mengganti pemilik webmaster tools dengan e-mail yang baru dan menghapus e-mail yang lama maka bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

Cara untuk mengganti kepemilikan webmaster tools secara penuh:


Langkah 1.
Langkah awal yang harus dilakukan untuk mengganti kepemilikan webmaster tools adalah membuat email baru dan sudah ter verifikasi.

Langkah 2.
Setelah memiliki email baru, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke webmaster tools dengan E-mail yang lama>>Dashboard Webmaster Tools>>Users and Property Owners.

Setelah membuka dashboard webmaster tools maka bisa melihat User and Property Owners pada pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini:

mengganti pemilik; webmaster tools; data webmaster;

Langkah 3.
Setelah melakukan klik pada user and property owners maka akan terlihat gambar seperti di bawah ini.

merubah data webmaster tools; webmaster tools;

Dari halaman user and property owners, langkah selanjutnya adalah membuka halaman manajemen properti dengan melakukan klik Manage Property Others seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Langkah 4.

mengganti kepemilikan webmaster; webmaster tools;

Setelah terbuka jendela verified owners maka langkah selanjutnya masukan e-mail baru dengan melakukan klik add an owner.

Langkah 5.
Setelah memasukan e-mail baru sebagai pemilik baru, maka langkah selanjutnya adalah masuk webmaster tools dengan akun e-mail yang baru. Ketika webmaster tools sudah ter verifikasi secara domain dan DNS maka e-mail yang lama belum bisa dihapus.

Maka langkah yang harus dilakukan adalah mengganti alamat CNAME pada blog yang anda miliki dengan alamat CNAME baru melalui server domain. Untuk melihat CNAME yang baru dengan email yang baru maka harus melakukan beberapa langkah.

Langkah tersebut adalah dengan melihat Domain name provider dengan cara klik Users Property Owners>>Manage Property Owners>>Very Using a Different Method>>Domain Name Provider>>Others>>Add a CNAME Record. Hingga terbuka jendela di bawah ini:

data CNAME; webmaster tools

Dari data CNAME dan CNAME Destination di atas, masukan data tersebut ke server domain yang dipakai sehingga data CNAME e-mail yang lama akan berganti dengan e-mail yang baru.

Langkah 6.
Langkah terakhir untuk memiliki webmaster secara penuh dengan email yang baru, hapus daftar owners yang lama sehingga tinggal e-mail baru saja yang ada dalam daftar owner.


Itu tadi beberapa langkah untuk mengganti kepemilikan webmaster tools tanpa mengganti data yang sudah tersimpan pada e-mail lama seperti posting yang sudah ter indek dan lain sebagainya. Dengan menghapus daftar e-mail yang lama dalam daftar kepemilikan webmaster tools maka kepemilikan akan berpindah secara penuh kepada e-mail yang baru.

Kolom Komentar >>BukaTutup