2/06/2017

Cara Mengatasi Masalah DNS Error Pada Webmaster Tools

Tags
dns error; masalah dns; dns tidak terjangkau;

Cara untuk mengatasi masalah DNS Error pada layanan webmaster tools ternyata cukup mudah. Cara ini kami terapkan setelah beberapa waktu yang lalu produkreview.com juga mengalami hal yang sama yaitu mendapatkan pesan error pada DNS yang ada di webmaster tools.

Tanda awal yang kami temukan sebelum mengetahui bahwa DNS prodrukreview.com mengalami gangguan yaitu tidak ter koneksi antara domain www.produkreview.com dengan produkreview.com. Jadi ketika memasukan alamat URL pada google chrome maupun firefox tanpa menggunakan www maka alamat tersebut error dan keluar keterangan DNS tidak terjangkau.

Kondisi ini juga mengakibatkan blog www.produkreview.com tidak bisa terdeteksi di google search engine baik itu URL blog maupun postingan yang sudah dipublish. Tentu saja hal tersebut harus diatasi karena sangat berdampak buruk terhadap kelangsungan blog itu sendiri.

Selidik punya selidik akhirnya kami mencoba beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut:

  • Melakukan Refresh pada browser yang kami pakai saat itu namun tetap saja masalah tidak teratasi.

  • Menghapus history beserta cookies, chaced image dan lain sebagainya. Namun ternyata justru error kembali muncul ketika memasukan URL tanpa awalan www karena cookies telah terhapus dari layanan browser tersebut.

  • Menghubungi pihak pelayan domain yang kami pakai untuk mempertanyakan masalah DNS yang tidak terjangkau. Namun dari pihak penyedia domain tersebut menjelaskan tidak terjadi masalah apa-apa dan mereka bisa membuka alamat produkreview.com dengan normal.

Setelah kami melakukan beberapa uji coba lagi ternyata melalui dekstop kami masalah tersebut belum selesai. Dan setelah kami cek di webmaster tools muncul keterangan error pada DNS seperti gambar di bawah ini.

dns unreachable; dns error; dns webmaster tools;

Cara Mengatasi DNS yang Unreachable di Webmaster Tools.

Untuk mengatasi hal tersebut ternyata tidak sulit dan hanya dibutuhkan beberapa langkah saja yaitu:

Langkah Pertama. yang harus dilakukan adalah mengecek settingan privacy pada dashboard blogger. Cara untuk melihatnya silahkan buka Dashboard Blogger.com>Setelan>Dasar>Privasi. Setelah sudah terbuka maka centang opsi Ya pada:Tambahkan blog ke cantuman kami dan Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk membuka kunci atau mempersilahkan google untuk merayapi blog tersebut.

dns error; not reachable; server error di webmaster tools;

Langkah Kedua. Melihat kondisi settingan DNS pada server pelayan domain yang dipakai untuk blog tersebut. Jika terjadi masalah atau error pada settingan DNS di server domain tersebut maka lalukan settingan ulang dengan memasukan A(Host) dan CNAME(Alias).

Namun hal yang sering terjadi adalah data CNAME yang sudah terhapus. Ketika kita melihat kembali pada dashboard blogger dengan memasukan kembali URL seperti pertama kali menghubungkan alamat domain dengan blogger ternyata data CNAME tersebut tidak muncul lagi. Itulah pentingnya kita menyimpan data penting seperti CNAME agar ketika dibutuhkan di kemudian hari tidak perlu bingung dan mencari atau bertanya kepada pihak server.

Untuk mengatasi CNAME yang hilang  bisa dilakukan dengan melihat Verification Details pada webmaster tools jika blog tersebut sudah disambungkan dengan layanan webmaster tools. Caranya adalah klik pada logo Roda pada dashboard di webmaster tools (Pojok Kanan Atas)>Verification Details>Verification Details>Details.

Jika dengan cara tersebut belum juga menemukan data CNAME karena webmaster tools gagal melakukan verifikasi sebelumnya maka bisa dilakukan dengan cara yang hampir sama yaitu klik Roda pada dashboard di webmaster tools (Pojok Kanan Atas)>Verification Details>Verification With a Different Method>Others>Add a CNAME record. Untuk memperjelas langkah tersebut bisa lihat gambar di bawah ini:

error di dns webmaster tools; webmaster tools;

Setelah menemukan CNAME yang sebelumnya hilang, maka langkah selanjutnya tinggal memasukkan ulang agar domain tersebut dapat terhubung dengan blog kembali secara normal. Pastikan centang penautan antara alamat tanpa www dengan alamat domain tersebut agar permasalahan konektifitas antara domain www dan tanpa www bisa teratasi.

Langkah Ketiga. Setelah langkah-langkah tadi dilakukan maka diharapkan alamat blog kembali normal dan bisa dibuka baik dengan www maupun tanpa www. Sekarang tugas selanjutnya adalah mengembalikan posisi DNS yang error pada webmaster tools. Selain itu juga mengembalikan semua  postingan yang tidak bisa terdeteksi di google search engine secara normal.

Untuk menyelesaikan masalah DNS error pada webmaster tools adalah memasukan ulang alamat URL domain dengan melakukan Fetch and Render melalui fetch as google. Langkahnya cukup mudah yaitu klik fetch and render tanpa harus mengisi form yang ada sehingga hanya muncul alamat URL saja pada hasil rendering.

Jika diperlukan bisa melakukan fetch ulang pada postingan yang belum terdeteksi di google search secara bertahap. Usahakan jangan melakukan secara serentak untuk menghindari klasifikasi spam pada proses rendering. Setelah semua langkah tersebut dilakukan maka tugas selanjutnya adalah menunggu beberapa hari agar proses rendering kembali normal terhadap DNS tersebut dengan muncul notifikasi hijau.

Itu tadi beberapa langkah untuk mengatasi permasalahan kesalahan DNS yang tidak bisa terjangkau pada webmaster tools. Semoga cara ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda yang mengalami kasus serupa.

Kolom Komentar >>BukaTutup