Skip to main content

Cara Melihat Nomor IMEI HP Kamu Legal atau Ilegal

cara melihat nomor imei ilegal

Wacana untuk menerbitkan undang-undang tentang pencekalan dan pemblokiran Ponsel Black Market (BM) sebetulnya sudah ada sejak lama. Namun berkat keseriusan pemerintah mengenai hal ini maka belum lama ini telah ditandatangani oleh 3 Kementrian terkait untuk melegalkan peraturan tersebut.

Kemudian bagaimana cara melihat IMEI Handphone kamu legal atau ilegal? Caranya sangat mudah. Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa peraturan ini tidak berlaku surut, melainkan aktif mulai April 2020. Jadi bagi kamu yang sudah terlanjur membeli smartphone dari black market sebelum peraturan ini berlaku maka tidak akan terkena dampaknya.

Apa itu IMEI?


IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity atau nomor unik yang tertanam pada setiap ponsel sebagai identitas. Nomor ini nantinya yang akan masuk ke Kementrian Perindustrian untuk di data sebelum resmi di jual di Indonesia. Nomor IMEI ini dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 digit angka.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

Cara Melihat IMEI Ponsel


Cara untuk mengetahui nomor IMEI ponsel kamu cukup mudah, tidak perlu pergi ke operator selluler. Cukup dengan menekan beberapa tombol maka nomor IMEI akan muncul.

Berikut cara melihat IMEI Ponsel kamu:
  1. Cara 1: Pertama klik *#06# pada mode telephone dan klik OK maka akan muncul nomor IMEI
  2. Cara 2: Klik Setting > About Phone > Status > IMEI Information.
  3. Cara 3: Biasanya pada punggung ponsel tertera stiker nomor IMEI yang berdekatan dengan baterai.

Setelah kamu mengetahui nomor IMEI, kemudian perlu pergi ke  https://imei.kemenperin.go.id/ dan cek nomor tersebut. Apakah nomor tersebut sudah terdaftar atau belum, jika belum maka dianggap ilegal dan merupakan produk Black Market.

Itu tadi sekilas cara untuk melihat nomor IMEI dan cara mengetahui nomor tersebut resmi atau ilegal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar