Home Design

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Tips Blogging Jaman Now: Menulis Konten Itu Penting, Tetapi Membangun Jaringan Itu Jauh Lebih Penting

Bagi seorang blogger, trafik blog adalah nyawa yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan sebuah blog. Maka tidak heran jika orang berlomba-lomba untuk mencari cara agar blog tetap ramai dan dikunjungi banyak orang. Tidak…

Tips blogging jaman now

Bagi seorang blogger, trafik blog adalah nyawa yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan sebuah blog. Maka tidak heran jika orang berlomba-lomba untuk mencari cara agar blog tetap ramai dan dikunjungi banyak orang. Tidak sedikit blogger menulis judul berbau “clikbait” dan tidak sesusai dengan isi tulisan atau membuat gambar yang heboh untuk menarik pandangan calon pengujung. Namun cara tersebut mungkin lambat laun akan ditinggalkan karena orang lebih senang dengan judul artikel yang natural dan sesuai dengan isi serta memuat informasi yang betul-betul bermanfaat.

Saat ini sebetulnya ada tips blogging “jaman now” yang perlu Anda ketahui: “Menulis konten itu penting, tetapi membangun jaringan itu jauh lebih penting”. Tips ini menarik dan sangat penting.

Kenapa tips ini menjadi sangat penting pada jaman now? Karena maraknya media sosial yang memiliki pengguna setia semakin banyak. Ditambah lagi perkembangan dunia smartphone yang semakin jauh lebih modern serta tertanamnya aplikasi media sosial sejak pertama kali orang membeli smartphone. Kondisi ini tentu saja membuat pengguna medsos berkembang dengan pesat.

Pengguna medsos yang semakin banyak tentu saja menjadi peluang tersendiri bagi para blogger untuk meningkatkan trafik. Berkaca dari keberhasilan para youtuber dalam membangun chanel tidak lepas dari banyaknya jumlah subscriber yang mereka miliki. Semakin banyak subscriber maka jumlah pengunjung akan lebih banyak dibanding dengan chanel yang memiliki sedikit subscriber.

Dalam hal “subscriber”, tentu saja hal ini bisa dipakai oleh para blogger untuk mengembangkan trafik blog yang lebih praktis dan cepat. Sebagai media gratis dan jumlah pengguna yang besar, media sosial seperti facebook, twitter, likein, google plus maupun media sosial lainnya bisa menjadi target utama untuk membangun follower.

Namun bagi sebagian blogger, hali ini kurang menjadi perhatian karena masih terfokus dengan cara lama yaitu mengandalkan kekuatan SEO on page dan SEO off page tanpa melihat pergerakan perubahan trend perilaku manusia dalam membaca artikel. Al hasil bagi blogger pemula, mereka mengeluh jumlah pengunjung yang sepi karena blog mereka belum memiliki performa yang mencukupi untuk bersaing dengan blog-blog lama yang sudah memiliki skor bagus dimata mesin pencari. Oleh sebab itu, saran bagi blogger pemula sebaiknya menggunakan cara ini yaitu membangun jaringan atau follower sebagai langkah awal guna meningkatkan pengunjung setia.

Baca Juga: Membangun Branding atau Optimasi Kata Kunci

Membangun follower memang bukan perkara mudah, tahap awal memang butuh perjuangan keras untuk mendapatakan kepercayaan orang agar bersedia menjadi follower secara sukarela. Hal ini bisa diraih jika memiliki konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi para pembaca.

Menulis konten itu memang penting, tetapi membangun jaringan juga tidak bisa disepelekan. Anda harus mengawali pekerjaan ini sejak pertama kali memulai blog. Tugas ini harus dilakukan secara konsisten dan fokus.

Follower setia akan menjadi magnet bagi pengunjung lain untuk melirik tulisan Anda. Komentar dan share link dari pengikut akan menjadi nilai lebih bagi orang baru yang baru pertama kali melihat blog Anda. Maka dari itu jangan sepelekan dalam membangun jaringan.

Membangun jaringan ini bisa Anda mulai dengan membuat akun sosial media dan bergabung dengan beberapa komunitas untuk berkenalan dengan sesama blogger. Bangun hubungan secara pribadi untuk membentuk emosional yang berdampak positif dalam pengembangan jaringan.

Berkontak secara pribadi akan membentuk kerjasama yang baik dalam mengembangkan komunitas. Setelah terhubung secara dekat maka otomatis akan menjadi follower yang memiliki power luarbiasa dalam memperkenalkan tulisan Anda ke orang lain.

Baca Juga: Apakah Blogger Mampu Mengubah Indonesia

Blogwalking juga masih menjadi cara baik untuk membangun hubungan emosional tersebut. Jadi jangan menjadi blogger yang eksklusif tanpa mau berteman dengan orang lain. Hubungan secara pribadi juga menjadi poin penting dalam bangunan jaringan itu sendiri. Oleh sebab itu jadilah blogger yang terbuka terhadap blogger yang lain sebagai landasan dasar.

Bagi yang memiliki modal, memasang iklan tentu saja merupakan langkah praktis dalam membangun jaringan. Orang juga lebih percaya terhadap media iklan karena memberi kesan profesional dalam membangun jaringan.

Setelah terbentuk komunitas pribadi yang memiliki banyak follower maka langkah untuk memiliki trafik yang stabil dan tinggi akan semakin mudah, apalagi Anda mulai trampil membuat artikel yang bakal viral. Follower Anda akan secara sukarela membagikan artikel tersebut kepada orang lain sehingga menjadi viral secara nyata.

Meskipun SEO On Page dan Off Page menjadi poin penting juga, tetapi membangun jaringan bukan sesuatu yang sia-sia. Hasil akhir dari jaringan yang terbentuk secara bagus akan mempermudah pekerjaan menjadi lancar. Selamat berjuang.

Tidak ada komentar

Menautkan link aktif atau promosi produk akan dihapus. Mohan pengertiannya.