Home Design

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Dunia Blogging: Membangun Branding atau Optimasi Kata Kunci

Perkembangan blogging terus berkembang pesat. Pada generasi millenia ini orang mulai nyaman dengan gadget dan selalu memonitoring gosip terbaru setiap hari. Dunia blogging menjadi lebih dekat berkat aplikasi-aplikasi yang terus …

dunia blogging membangun barnding dan katak kunci
Perkembangan blogging terus berkembang pesat. Pada generasi millenia ini orang mulai nyaman dengan gadget dan selalu memonitoring gosip terbaru setiap hari. Dunia blogging menjadi lebih dekat berkat aplikasi-aplikasi yang terus dikembangkan seperti media sosial. Apakah kata kunci sudah tidak lagi relevan dan membangun branding lebih optimal?

Di tahun politik ini, orang gemar sekali membagikan artikel-artikel entah itu politik atau artikel yang lain. Tetapi mereka tidak peduli dengan kata kunci melainkan lebih melihat relevansi berita dengan suasana saat ini. Orang lebih banyak mengomentari artikel yang sedang up-date daripada artikel yang memiliki life time panjang dan muatan ilmu yang lebih padat.

Paradikma lama mengatakan bahwa untuk bisa bertahan lama dan memiliki pengunjung yang membludak maka harus menyematkan kata kunci yang berkualitas dan disertai sistem optimasi search engine (SEO) yang bagus.

Namun juga perlu di ingat bahwa saat ini pertumbuhan blogging terus berkembang, banyak sekali blogger-blogger baru yang bermunculan dengan gayanya masing-masing. Membludaknya artikel yang bermunculan setiap hari membuat persaingan semakin ketat. Orang harus beradu kreatifitas dan tampilan dengan bahasa blog yang menarik untuk bisa bertahan hidup.

Disisi lain, dunia visual juga sedang melaju kencang. Penggemar chanel youtube semakin bertambah dan berdasarkan survei bahwa melihat berita dalam bentuk visual lebih mudah diterima daripada dalam bentuk text tertulis.

Baca Juga: Meningkatkan Peringkat Blog dengan SEO Reviewtools

Fenomena ini tentu saja memunculkan pertanyaan baru apakah paradikma lama tentang kata kunci sebuah artikel masih menjadi senjata ampuh untuk mendatangkan pengujung?

Blog yang mengandalkan kata kunci biasanya lebih banyak pengunjung baru dibandingkan pengujung setia yang kembali karena mencari update terbaru dari sebuah blog. Dengan banyaknya artikel yang sejenis dan perjuangan untuk muncul di halaman pertama search engine yang semakin sulit maka butuh inovasi baru agar tidak tenggelam dilibas oleh blog-blog baru yang lebih kreatif.

Membangun branding adalah salah satu cara untuk mengatasi persaingan blog yang semakin ketat. Dengan memperjelas nice sebuah blog dan menghadirkan artikel-artikel terhangat bisa jadi menjadi pemicu orang untuk berkunjung kembali dan kembali.

Memanfaatkan media sosial untuk membangun branding adalah salah satu langkah yang tepat. Dengan berkembangnya aplikasi yang begitu banyak, media sosial menjadi alat yang selalu ada disamping setiap pemakai gadget atau smartphone.

Membangun branding sebuah blog bukan berarti melepaskan sistem SEO yang harus dilakukan, tetapi seorang blogger tidah boleh terbelenggu sisi kreasinya karena keterikatan kata kunci. Menghadirkan artikel yang lebih bergaya dan mengalir tanpa ikatan kata kunci akan menghasilkan kalimat yang lebih menarik.

Membangun branding lebih menekankan kepada nama blog itu sendiri untuk bisa diingat banyak orang. Membangun branding tentu saja harus didukung dengan artikel-artikel baru yang terupdate setiap hari sehingga orang setia untuk mencari jawaban atas pertanyaannya melalui blog tersebut.

Memiliki judul yang menarik serta isi artikel yang bermanfaat akan memudahkan orang untuk mengigat nama blognya. Memberikan sentuhan-sentuhan eksentrik menurut gaya masing-masing akan menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Cara Mengatasi Komentar Disqus Lambat Loading

Dunia media sosial adalah alat yang ampuh untuk membangun pengikut yang setia. Dengan membuat komunitas atau halam khusus di media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk membangun follower.

Ketik Branding sebuah blog berhasil diciptakan maka jumlah pengunjung akan semakin bertambah dengan bantuan dari share para pengunjung setia. Situasi ini menjadi sangat baik untuk perkembangan blog selanjutnya. Berikut tadi jawaban atas pertanyaan dunia blogging apakah membangun branding atau optimasi kata kunci.


4 komentar

  1. Pada bagian ini, kedua strategi di atas rasanya harus balance ya, mas?! Di satu sisi, optimasi keyword itu perlu sebagai persaingan di mesin pencarian. Di sisi lain, secara peradaban jaman now, yang mana manusia tak pernah lepas dari gadget, secara otomatis media sosial menjadi lapak manis dalam membangun branding.

    Namun secara pribadi, setelah bersusah payah memaksimalkan 2 strategi di atas, pada akhirnya ada kekecewaan mendalam yang saya rasakan.

    Rasa kecewa itu ketika melihat situs-situs besar dengan narasi tak beraturan bertengger tak tergoyahkan di posisi puncak. Begitu halnya di dunia medsos, aneka warna melulu mereka yang
    menguasai beranda.

    Kalau sudah sedemikian adanya, bagaimana nasib para blogger menurut Anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, dan justru berkaca dari maraknya situs-situs besar yang mulai menyajikan artikel tutorial atau review yang selama ini menjadi makanan para blogger mulai mereka kuasai. Hal ini justru menurut saya harus bekerja lebih keras lagi untuk membangun branding tanpa meninggalkan SEO dan kata kunci. Tetapi dalam poin artikel ini bahwa branding adalah sesuatu yang mulai harus jadi perhatian khusus melihat perkembangan zaman dan situs besar mulai menjaring semua kalangan tidak hanya sebatas berita aktual dan politik.

      Hapus
    2. Mau gak mau kita jadi dituntut kerja keras, ya. Mampir-mampir ke rumah saya mas. Hehe

      Hapus
    3. Betul sekali, kalau mau jadi blogger santai sepertinya susah karena sudah banyak persaingan.
      Oke siap mas... OTW

      Hapus

Menautkan link aktif atau promosi produk akan dihapus. Mohan pengertiannya.