Home Design

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Apakah Blogger Mampu Mengubah Indonesia? Berikut 10 Alasan Tepat Untuk #BloggerMengubahIndonesia

Apakah Mampu “Blogger Mengubah Indonesia”? Pertanyaan ini ingin menjawab kondisi sekarang yang akhir-akhir ini sering muncul berita hoax, saling mencela, saling menghujat, saling menjelekkan dan lain sebagainya di dalam bangsa i…

blogger merubah indonesia
Apakah Mampu “Blogger Mengubah Indonesia”? Pertanyaan ini ingin menjawab kondisi sekarang yang akhir-akhir ini sering muncul berita hoax, saling mencela, saling menghujat, saling menjelekkan dan lain sebagainya di dalam bangsa ini. Apalagi di tahun politik yang hanya selang beberapa bulan atau tahun saja, suasana bangsa ini kembali diramaikan dengan pemilihan pempimpin baru baik itu tingkat daerah maupan pusat.

Di dalam negara demokratis, perbedaan pendapat untuk menyelesaikan permasalahan bangsa ini adalah hal yang biasa karena perbedaan itu merupakan roh dari demokrasi itu sendiri. Tetapi jika situasi ini sudah diboncengi dengan kepentingan tertentu mengatasnamakan kepentingan rakyat, agama serta hajat hidup orang banyak padahal dibalik itu hanya bertujuan untuk memperkaya diri atau golongannya dengan mengorbankan kepentingan rakyat banyak, maka tentu saja harus dilawan sebagai cara untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketika sumber hoax dan hujatan tersebut muncul atau tercatat dalam sebuah media yang berbasis tulisan dan gambar seperti blog, website atau media sosial maka harus dilawan dengan media yang sama untuk memunculkan kembali wajah bangsa Indonesia sesungguhnya yang memiliki rasa ketuhanan, gotong royong, musyawarah dan berkeadilan sosial sebagaimana terangkum dalam semangat Pancasila.

Perlawanan tidak harus memberikan berita yang kontra atau berlawanan terhadap berita-berita hoax yang menimbulkan pertentangan. Tetapi secara sadar dan semangat bersama dari bangsa ini untuk menciptakan konten yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat. Banyak sekali jenis konten yang memiliki manfaat bagi orang banyak serta memunculkan hal-hal baru yang mampu mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih maju.

Terlalu lama bangsa ini disuguhi dengan berita-berita yang melibatkan emosi pribadi dan berbau SARA sehingga pikiran negatif dan saling curiga tumbuh subur dikalangan yang mungkin belum siap untuk mencerna setiap berita dengan baik. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus maka akan menjadi hal yang biasa bagaimana orang tidak lagi saling mempercayai, bekerjasama dan memiliki sikap adil karena faktor perbedaan keyakinan dan sebagainya. Maka dari itu dibutuhkan cara untuk melawan gerakan pesimisme toleransi ini untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Berlatarbelakang masalah di atas, maka alasan ini menjadikan jawaban yang kuat buat para blogger dan pelaku konten lainnya sebagai generasi anak bangsa untuk ikut ambil bagian dalam berjuang menjaga persatuan dan kesatuan melalui karya seni atau tulisan. Media tulisan, video atau gambar sangat mampu untuk membangkitkan kembali rasa persatuan, kesatuan bahkan mengubah peradaban manusia di seluruh belahan bumi ini menuju ke hal yang lebih baik. Melalui kata-kata dan gambar, orang dapat berubah 360 derajat dari kebiasaan lama yang buruk menjadi lebih baik.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam berita kompas.com (22/2/2018) bahwa jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 262 juta jiwa, 50% diantaranya atau sekitar 143 juta jiwa telah terhubung dengan Internet. Hal ini memberikan bukti bahwa informasi berita atau konten di internet sangat mampu untuk mengubah cara berfikir dan cara melihat sebagian bangsa ini untuk menjadi lebih maju.

Berikut ini 10 Alasan Tepat Kenapa Blogger Mampu Mengubah Indonesia


#1. Indonesia Adalah Negara Berkembang Dengan Peringkat 41 di Asia "2018 Best Countries Report".

blogger indonesia
Ilustrasi © foto.tempo.co

Sebagai negara berkembang, Indonesia menduduki peringkat 41 best country report dari 80 Negara Asia yang di survei (dilansir dari  Seasia.co). Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk menciptakan generasi yang lebih maju baik secara budaya maupun kewirauasahaan.

Blogger selaku pencipta konten, memiliki peranan tepat untuk membuka jendela bagi wajah Indonesia ke manca negara melalui tulisan. Blogger mampu memberikan image positif bagi bangsa ini untuk memberikan kabar baik tentang kekayaan budaya, kekayaan alam dan ketahanan masyarakat dalam berwirausaha untuk menuju masyarakat yang berdikari dan tahan dalam berbagai kondisi ekonomi global.

#2.  Indonesia Memiliki Tingkat Pendidikan Masih Rendah Versi Bank Dunia.

blogger pendidikan indonesia
Ilustrasi © plus.kapanlagi.com

Dikutip dari cnnindonesia.com (7/6/2018), Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang masih rendah menurut Bank Dunia meskipun tingkat perluasan akses untuk pendidikan telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Tingkat pendidikan yang rendah ini dinilai dari banyaknya jumlah masyarakat Indonesia yang masih buta huruf. Menurut survei, dari 55 persen usia 15 tahun di Indonesia secara fungsional masih buta huruf.

Baca Juga: Tips Blogging: Kata Kunci atau Branding?

Blogger yang selalu berkecimpung dalam dunia tulis dan membaca bisa menjadi magnet utama untuk generasi muda khusunya usia sekolah agar tertarik belajar menulis sebagai wujud upaya pengurangan jumlah buta huruf. Dengan konten tulisan dan gambar yang menarik akan mampu menjadi daya tarik anak-anak dalam melihat pentingnya belajar dan melihat persaingan global di masa mendatang.

#3. Indonesia Memiliki Generasi Muda yang Berkualitas.

Ilustrasi © idntimes.com

Meskipun tingkat pendidikan masih tergolong rendah, namun tidak sedikit pula banyak generasi muda yang mengukir prestasi hingga kancah dunia. Seperti baru-baru ini sejumlah lulusan SMK berhasil membawa pulang 6 Emas dan 3 Perak setelah mengalahkan 19 Negara dan menjadi juara umum dalam ajang World Skills Asia (WMA) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 24 – 29 November 2018.

Belum lama ini juga bangsa Indonesia berhasil menduduki peringkat 4 dalam gelar Asian Games dengan melahirkan juara-juara baru dalam berbagai bidang olahraga. Bangsa Indonesia juga memiliki “duo minions” ganda putra Marcus dan Kevin yang berhasil mengukir nama indah Indonesia sebagai pemain terbaik dunia dalam cabang bulutangkis.

Dalam hal ini blogger memiliki potensi kuat untuk semakin memberikan cahaya wajah Indonesia yang semakin cemerlang di mata dunia dengan berbagai prestasi dan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia. Blogger mampu menciptakan citra Indonesia yang semakin baik dan tidak hanya terkenal dengan berita korupsi dan kekerasan yang selama ini disiarkan oleh banyak media mainstream.

#4. Indonesia Tidak Kalah Dengan Negara Maju Dari Sisi Teknologi Informasi.

Ilustrasi © indosolusi.co.id

Dari data awal tahun 2018 yang menyampaikan bahwa 50% penduduk Indonesia telah terhubung dengan Internet, maka media ini menjadi semakin familiar. Dengan teknologi 4G yang sekarang sudah bisa dinikmati, menjadikan Indonesia sejajar dengan negara maju yang juga terkoneksi dengan teknologi terbaru ini.

Hampir sebagian besar masyarakat mengakses berita dan informasi melalui media online dengan perangkat gadget maupun laptop. Bahkan dalam website kominfo.go.id (2/10/2015), Indonesia memiliki potensi besar sebagai raksasa teknologi digital. Indonesia memiliki jumlah pemakai smartphone terbanyak ke 4 setelah Cina, India dan Amerika.

Hal ini menujukkan bahwa internet sangat mempengaruhi perilaku, pola pikir dan sebagainya untuk kemajuan bangsa ini. Jadi kembali lagi blogger memiliki tugas berat untuk membangun konten positif dalam memberikan berita dari berbagai sektor untuk menangkal berita hoax dan informasi yang menyudutkan salah satu pihak yang membuat wajah Indonesia menjadi tercoreng.

Memberikan berita yang positif dari berbagai prestasi, penemuan teknologi, peluang bisnis dan informasi kesehatan terbaru akan mampu menyingkirkan berita hoax menjadi berita yang basi dan tidak penting. Pola pikir bangsa ini akan semakin sehat dengan menerima informasi yang mengarah ke peradaban manusia yang lebih maju.

#5. Indonesia Ingin Kembali Menjadi Macan Asia.

blogger mengubah indonesia
Ilustrasi © boombastis.com

Kejayaan Indonesia di era 80an hingga 90an dimana saat itu Indonesia berhasil menjadi Macan Asia dengan kekuatanya sebagai salah satu faktor penting dalam ekonomi Asia kini masih dalam kondisi perbaikan pasca krisis moneter.

Dikutip dari boombastis.com, banyak faktor yang harus dibenahi untuk kembali menjadi macan Asia dan menunjukkan taringnya sebagai negara yang makmur dan memiliki kesejahteraan sosial yang merata. Indonesia harus berhasil memangkas tingkatan birokrasi yang berbelit, Menciptakan tata ruang yang lebih baik, Menciptakan lapangan serta tenaga kerja yang produktif, Memiliki mutu sumber daya manusia yang bersaing, Memberantas praktek korupsi yang sudah sangat menjamur di berbagai sektor.

Blogger sebagai generasi terdidik, dipercaya mampu ikut andil dalam menciptakan sumber daya manusia yang bermutu melalui karya tulisan. Memberikan informasi serta motivasi secara psikologi kepada generasi muda dalam menghadapi perkembangan jaman secara global. Selain itu dunia blogging mampu menciptakan lapangan kerja dari berbagai sektor seperti seni, teknologi serta mampu merangkul pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha agar lebih maju dan kekinian.

#6. Blogger Jaman Now Lebih Kreatif dan Inovatif.

Indonesia Kreatif

Perkembangan dunia blogger sekarang ini tidak berhenti stagnan. Justru banyak pelaku blog yang menunjukkan kreatifitasnya dengan cara yang inovatif. Keberadaan smartphone yang semakin umum di kalangan masyarakat Indonesia membuat pelaku blog semakin mengembangkan konten yang lebih menjangkau banyak kalangan tanpa melihat jenjang usia.

Berbagai jenis tema blog atau niche yang menarik berhasil diciptakan baik itu tutorial hingga infomasi bermanfaat terupdate sebagai penyambung lidah penemuan teknologi yang bermanfaat bagi banyak orang. Perilaku ini tentu saja menambah keyakinan besar tentang kemampuan blogger mengubah Indonesia - #BloggerMengubahIndonesia.

Blogger bukan orang terbelakang, tetapi orang yang jenius karena mampu membius dan mengontrol otak pembacanya - produkreview.com

Tidak hanya berhenti dalam dunia blogger, kini kebanyakan anak muda mengembangkan dirinya melalui konten video sebagai Youtuber. Berbekal kemampuan SEO Onpage atau Offpage mereka merajai konten-konten menarik di Youtube dalam menciptakan tranding topik yang menyita perhatian banyak orang. Potensi ini menjadi gambaran umum bahwa kemampuan dalam pencarian kata kunci dan tema menarik bukan barang baru lagi bagi para blogger.

#7. Blogger Indonesia Mampu Menciptakan Konten Viral Hingga Manca Negara.


Untuk yang satu ini bukan barang baru lagi, saat ini banyak blogger yang mampu membuat konten dengan berbagai bahasa untuk lebih mudah dikenal orang luar. Konten yang diciptakan juga bukan barang basi yang selalu diulang tetapi topik baru yang menjadi viral hingga manca negara.

Selain itu banyak blogger juga yang mengembangkan dalam bisnis online berbasis website atau blog untuk menjual produk hingga manca negara seperti dikutip dari Liputan6.com (17/8/14), Berikut 5 blogger cantik Indonesia yang menginspirasi hingga manca negara: Dian Pelangi (Dianpelangi.com), Andra Alodita (Alodita.com), Indah Nada Puspita (indahnadapuspita.blogspot.com), Elizabeth Christina Parameswari (lizzieparra.com) dan Stella Lee (www.stellalee.net).

Hingga saat ini blog tersebut masih aktif dan memberi bukti bahwa blogger mengubah Indonesia bukan sesuatu yang mustahil. Potensi yang begitu besar memberi harapan kedepan bangsa ini melepaskan diri dari pemikiran sempit dan tertutup.

#8. Blogger Indonesia Tidak Hanya Untuk Kalangan Millenia, Namun Menyentuh Semua Umur dan Kalangan.

Blogger Semua Kalangan

Blogger Indonesia telah aktif sejak blogger itu sendiri berdiri. Tidak sedikit pula blogger yang saat ini berusia tidak muda namun tetap aktif menulis dan memberi inspirasi. Tidak hanya itu, pelaku blog sendiri tidak mengenal golongan atau pekerjaan. Banyak blogger yang berprofesi sambilan sebagai tukang ojek hingga pegawai eksekutif dengan cara bahasa dan tema masing-masing sesuai target dan tujuan dalam menciptakan blog.

Dari sekian bayak blogger di Indonesia, tidak sedikit pula yang berhasil memperoleh hasil lumayan untuk menjadikan pendapatan utama. Hal ini menunjukkan bahwa blogger tidak sekedar hobi dan berbagi informasi, tetapi memberikan peluang tersendiri untuk menciptakan lapangan kerja yang menjanjikan.

Kondisi ini menjadikan poin tambahan selain kekuatan blogger untuk mengubah wajah indonesia, namun blogger juga mampu menciptakan passion bagi dirinya sendiri.

#9. Sebagian Besar Blogger di Indonesia Berpikiran Terbuka dan Maju.

Blogger Mengubah Indonesia

Di era digitalisasi ini, orang dengan mudah untuk mengakses informasi baik itu dari dalam negeri hingga luar negeri dalam hitungan detik. Informasi hiburan hingga politik dapat dibaca hanya dengan melakukan beberapa klik.

Kondisi ini tentu saja membuat wacana serta pemikiran orang menjadi lebih terbuka dan mampu menyerap serta mengikuti perkembangan jaman. Bagi blogger, menyerap informasi dari luar negeri bukan barang asing lagi, mereka justru berusaha mencari informasi terbaru yang terjadi di belahan benua lain untuk menambah perbendaharaan informasi untuk dibagikan kepada penggemarnya.

Bermodalkan pikiran yang terbuka dan maju ini, blogger menjadi salah satu faktor pembentuk karakter bangsa agar bisa terbuka serta menerima perbedaan karena perbedaan bukan sesuatu yang baru dan harus diperdebatkan. Perbedaan merupakan hal yang biasa terjadi dimana saja dan di negara manapun.

#10. Blogger Indonesia Mampu Menghasilkan Karya yang Produktif.


Seorang blogger biasanya memiliki talenta lebih atau multitalent yang mampu menciptakan karya produktif. Tidak sedikit pelaku konten ini menciptakan aplikasi atau template yang luar biasa. Di era iphone dan Android ini, para blogger menciptakan aplikasi pendukung baik itu untuk toko online maupun game atau aplikasi digital lainnya.

Potensi ini memberikan gambaran luas bahwan anak bangsa mampu bersaing dengan blogger luar negeri yang selalu inovatif. Blogger Indonesia selalu gigih untuk mempelajari hal baru dalam menciptakan karya luar biasa meskipun dengan biaya yang minim.

Kegigihan ini patut mendapat apresiasi baik dari kalangan pengusaha maupun pemerintah agar giat menulis melalui blog menjadi trendsetter baru dalam mengubah generasi muda menjadi lebih kreatif dan produktif.

Kesimpulan

Blogging bukan barang usang yang ketinggalan jaman, namun profesi ini mampu menyesuaikan diri dengan seiringnya perkembangan jaman dan teknologi yang begitu pesat. Kehadiran blogger tidak hanya menguntungkan diri sendiri tetapi sangat berguna bagi banyak orang untuk memberikan informasi bermanfaat yang mampu menjadi jembatan dalam penciptaan karya baru dalam berbagai bidang.

Baca Juga: Ayo Ikuti Lomba Blog BukaReview

Blogger bukan orang yang terbelakang, tetapi justru blogger adalah orang yang terpelajar dengan kemampuan itelektualnya untuk menyampaikan informasi dalam berbagai bahasa dan gaya sehingga mampu diserap masyarakat berbagai kalangan.

Perilaku blogger yang selalu inovatif dan produktif sangat meyakinkan mampu menjadi faktor penting dalam mengubah paradikma serta cara pandang bangsa ini terhadap sebuah perubahan dan perbedaan. Untuk itu tidak salah lagi dan menjadi alasan tepat kalau dikatakan blogger mampu mengubah wajah Indonesia.

6 komentar

  1. Blogger memang sangat berpengaruh bagi perubahan indonesia, sebagai blogger harus pandai-pabdai membuat konten yang positif dan membangun. mantab mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Imam, Saat ini banyak sekali konten negatif dan hoax. Hal ini membuat pembaca menjadi memiliki perspektif yang lebih menyempit. Makanya blogger harus bisa membuat konten yang positif untuk membuat pikiran pembaca lebih terbuka.

      Hapus
  2. Berita-berita viral berbalut hoax sangat merajalela. Di tengah situasi tak menentu seperti sekarang ini, tentu sangat berbahaya dan menyesatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, tetapi ini menjadi tantangan bagi blogger untuk menjadi trendsetter guna memberikan informasi membangun yang bermanfaat.

      Hapus
  3. Semoga nama Indonesia semakin terdepan dengan kegiatan blog yang informatif dan positif.
    Seringkali aku menshare artikelku ke teman2 mancanegara di ig, meski mereka bilang tidak mengerti bahasamu tapi mereka sangat senang lihat foto2 wisataku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat untuk mencitpakan konten positif dan membangun bang. Indonesia memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan, jangan sampai tertutup oleh berita hoax atau perdebatan yang tidak produktif.

      Hapus

Menautkan link aktif atau promosi produk akan dihapus. Mohan pengertiannya.