Home Design

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Cara Mengatasi Kolom Komentar Disqus yang Lambat Loading

Keluhan yang sering muncul ketika menggunakan kolom komentar dari layanan pihak ke-3 seperti diqus adalah loading lambat. Hal tersebut tentu saja menjadi kendala karena akan mempengaruhi trafik sebuah blog khususnya blogspot. Ja…

menyelesaikan komentar disqus lambat muncul
Keluhan yang sering muncul ketika menggunakan kolom komentar dari layanan pihak ke-3 seperti diqus adalah loading lambat. Hal tersebut tentu saja menjadi kendala karena akan mempengaruhi trafik sebuah blog khususnya blogspot. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini cara mengatasi kolom komentar disqus yang lambat loading khususnya pada blogspot.

Seperti diketahui bahwa para pelaku bloging selalu mencoba untuk menampilkan template terbaiknya. Jelas hal tersebut bertujuan untuk menarik para pengujung agar kembali ke blog mereka.

Salah satu cara yang biasa dipakai adalah mengganti kolom komentar bawaan blogspot dengan fasilitas “Disqus”.

Disqus menjadi pilihan utama karena penampilannya yang bagus dan modern. Selain tampilannya yang keren, disqus juga mampu membangun backlink yang bagus sehingga bermanfaat bagi kekuatan blog itu sendiri.

Namun dibalik tampilan yang menarik, banyak blogger yang mengeluh karena loading menjadi lambat.

Disqus adalah perusahaan layanan pihak ketiga yang memberikan beberapa fasilitas salah satunya adalah add-on tools dalam bentuk kolom komentar untuk melakukan diskusi bagi pengunjung blog. Perusahaan ini didirikan tanggal 30 Oktober 2007 di Howard St San Francisco dengan jumlah anggota team yang cukup lumayan banyak.

Tujuan layanan dari add-on tools sendiri adalah membentuk komunitas sesama anggota disqus. Orang akan lebih mudah untuk saling memberikan komentar dan jawaban dalam sebuah forum diskusi. Selain itu fasilitas tools ini akan memudahkan bagi pengunjung dalam memberikan komentar dengan adanya tiga opsi log in yaitu melalui akun google, facebook dan disqus.

Fasilitas lainnya yang tidak kalah penting adalah sarana untuk melakukan filter terhadap komentar spam. Pemilik blog lebih mudah untuk memoderasi komentar yang layak tampil atau tidak.

Selain dua hal diatas, Disqus juga memberikan fasilitas analisis terhadap perilaku komentar dari pengunjung. Fasilitas ini tentu saja akan berguna sebagai bahan referensi dalam melakukan pengembangan trafik bagi blog itu sendiri.

Tampilan kolom komentar disqus memiliki dua tampak yang secara otomatis akan menyesuaikan dari template blog yang bersangkutan yaitu warna terang dan gelap. Namun bagi blogger yang kurang puas maka bisa mengatur tampilan tersebut sesuai dengan selera.

Baris komentar di kolom disqus memiliki bentuk hirarki yang mempermudah pembaca untuk mengelompokkan antara pertanyaan dan jawaban sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk melakukan diskusi.

Pengunjung yang beranggotakan Disqus bisa memberikan rekomendasi komentar sehingga akan muncul di dalam wall pengunjung tersebut dan bisa dilihat oleh anggota yang lain. Bagi yang tidak beranggotakan Disqus mereka masih bisa membagikan komentar tersebut ke dalam akun facebook atau twitter sehingga dan akan dilihat orang lain.

Kemudahan selanjutnya selain kolom hirarki adalah pengunjung bisa mengatur sendiri urutan komentar berdasarkan komentar terbaru, komentar terlama dan komentar terbaik. Hal ini cukup memberikan pengalaman yang istimewa bagi pengunjung dalam melakukan diskusi.

Program unggulan yang ditawarkan Disqus selain tampilan yang elegan serta kemudahan pengunjung dalam melakukan diskusi adalah program reveal. Program ini hampir mirip dengan program Adsense dengan kerjasama dalam pemasangan iklan. Untuk program reveal disqus ini, pemilik blog bisa mengatur tata letak iklan di sekitar kolom komentar.

Program ini patut dicoba bagi blogger yang belum diterima Google Adsense. Karerna hal tersebut akan memberikan pengalaman baru bagi blogger dalam menyediakan layanan.

Cara mudah untuk mengatasi masalah lambat loading pada komentar disqus adalah membuat kode khusus agar kolom komentar disqus tidak melakukan loading secara bersamaan dengan halaman blog. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kecepatan loading blog itu sendiri.

Caranya cukup mudah yaitu membuat opsi buka-tutup atau melakukan loading kolom komentar disqus jika pengunjung ingin memberikan komentarnya. Poin Hide/Show ini tentu saja memiliki beberapa keuntungan diantaranya:

  • Loading blog tidak terganggu.
  • Tampilan komentar tidak terlalu memanjang ke bawah sehingga tidak menutup tampilan di bawahnya terutama ketika dibuka melalui mobile.
  • Hanya pengunjung yang serius yang akan melakukan komentar sehingga mengurangi komentar yang tidak penting dan tidak berhubungan dengan tema artikel tersebut.
  • Tampilan lebih cantik dan profesional.

Untuk memasang kode tersebut silahkan klik link dibawah ini:

Cara Pemasangan Hide/Show Disqus

Itu tadi cara untuk mengatasi kolom komentar disqus yang lambat loading.


Tidak ada komentar

Menautkan link aktif atau promosi produk akan dihapus. Mohan pengertiannya.