Skip to main content

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dari HP Galaxy Fold

kelebihan-kekurangan-samsung-galaxy-fold

Sebagai vendor smartphone yang sangat terkenal, Samsung selalu melakukan inovasi guna meningkatkan performa terbaik. Seperti baru-baru ini, Samsung berhasil meluncurkan produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy Fold.

Apa saja kelebihan dari HP Galaxy Fold? Itu yang akan kita ulas pada kesempatan ini.

Sebagai smartphone kelas premium, Galaxy Fold telah dibekali dengan fitur-fitur canggih di dalamnya. Salah satu yang cukup menjadi pusat perhatian adalah layar lipat yang memungkinkan pengguna untuk melipat dan melebarkan layar sehingga lebih fleksibel.

Ketika layar dilipat, bentuk dari Galaxy Fold menyerupai telepon genggam. Namun ketika layar tersebut dibuka maka bentuk akan menjadi lebih lebar dan luas menyerupai tablet. Teknologi baru ini tentu saja membuat decak kagum bagi para penggemar HP Samsung.

Apa Kelebihan Dari HP Galaxy Fold.

Sebagai kelebihan utama dari HP Galaxy Fold tentu saja adalah layar fleksibel yang bisa ditekuk sehingga memberikan 2 tampilan sekaligus yaitu smartphone dan tablet. Ketika orang hanya membutuhkan untuk komunikasi biasa, maka HP Galaxy Fold bisa ditekuk menjadi ukuran smartphone yaitu 4,7 inchi (720 x 1.680 piksel atau 12:9).

Namun ketika pengguna membutuhkan layar yang lebih luas seperti untuk melihat gambar atau bermain game. Maka HP tersebut dapat dibuka sehingga ukuran layar berubah menjadi 7,3 inchi (1.536 x 2.153 piksel atau 4,2:3).

Kelebihan berikutnya sebagai HP layar lipat, posisi kamera selfie telah ditempatkan pada posisi yang sempurna. Untuk mode smartphone atau cover display, kamera selfie telah disematkan pada bagian tengah atas dengan resolusi 10MP f2.2/Wide.

Sedangkan untuk mode tablet atau 7,3 inchi. Samsung sengaja meletakkan 2 kamera di bagian atas dengan resolusi 10MP f2.2/Wide dan 8MP f1.9 depth sensor.

Untuk kamera utama atau kamera belakang, Samsung juga telah memberikan lensa dengan performa terbaik sebagai HP kelas termahal dan termewah. Untuk memberikan kepuasan para pengguna dalam mengambil gambar atau video, Samsung telah menyematkan 3 kamera dengan resolusi 12MP f/1.5-2.4 wide, 12 MP f/2.4 telefoto, dan 16MP f/2.2 ultrawide.

Keunggulan dari fitur kamera belakang tersebut adalah kemudahan dalam pemakaian di mode smartphone maupun tablet. Kamera belakang bisa dipakai secara baik dan nyaman pada kedua mode tersebut.

Sebagai fitur hiburan, pada HP Galaxy Fold telah dipasang 2 speaker pada atas dan bawah smartphone sehingga ketika dipakai dalam mode tablet dia akan berada pada posisi kanan dan kiri sehingga memberikan efek stereo. Untuk penggemar game atau  penonton video konten tentu saja akan puas dengan fitur ini.

Untuk ketajaman gambar pada bagian dalam dan luar, Samsung memasangkan layar foldable dynamic AMOLED dengan bahan pelapis polymide sehingga lebih lentur dan bisa menyesuaiakan bentuk mode smartphone dan tablet secara sempurna.

Untuk dapur pacu sendiri, Galaxy Fold telah dipersenjatai dengan chipset snapdragon 855, RAM 12GB serta Internal storage 512GB dengan sistem operasi Android 9.0 UI. Ini merupakan racikan yang sempurna untuk menciptakan daya kerja yang andal terutama untuk aplikasi berat seperti game.

HP Samsung Galaxy Fold ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.380 mAh dan mendukung untuk fast charging 15 W.

Kekurangan HP Samsung Galaxy Fold.

Sebagai smartphone generasi baru dengan fitur layar lipat, tentu saja selain memiliki keunggulan atau kelebihan. HP Samsung Galaxy Fold juga terdapat kekurangan yang mungkin akan menjadi catatan untuk generasi berikutnya.

Pada generasi ini, Samsung Galaxy Fold masih terdapat bezel yang cukup tebal serta posisi kamera depan mode tablet yang mengganggu ketika dipakai untuk menonton film atau main game.

Selain itu, karena HP tersebut merupakan smartphone lipat, maka ketebalan pada mode smartphone masih dirasakan meskipun tidak terlalu mengganggu.

Dalam smartphone premium ini, Samsung tidak menyertakan S-pen guna melakukan editing atau mendukung untuk konten creator dalam memunculkan daya kreasi. Sayang sekali ketika sudah mendukung mode tablet tetapi tidak dibekali alat editing atau gambar.

Harga HP Samsung Galaxy Fold di Indonesia.

Bagi penggemar Samsung di Indonesia, saat ini kalian sudah bisa melakukan pre-order untuk Samsung Galaxy Fold mulai tanggal 15 Desember 2019 melalui situs www.galaxylaunchpack.com.

Untuk saat ini, harga dari HP Samsung Galaxy Fold dibandrol dengan harga sekitar Rp. 30 Juta dengan masa garansi 1 tahun. Jika terjadi kerusakan layar pada masa garansi, maka kamu bisa melakukan klaim garansi dengan merogoh kocek Rp. 2 Juta.

Namun jika masa garansi telah selesai dan terjadi kerusakan layar, kamu bisa melakukan reparasi dengan harga di kisaran Rp. 9 Juta.

Itu tadi gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan dari HP Samsung Galaxy Fold. Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan kamu. Jika kurang jelas bisa tonton video dari Mas Toufiq yang telah tayang di kompas.com berikut ini:

youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar