Skip to main content

Kerja Freelance : 15 Website Untuk Kerja Online

kerja-freelance

Kerja Freelance Online mungkin belum banyak yang menggeluti khususnya di Indonesia pada 10 tahun lalu kebelakang. Namun sejak berkembang jaringan internet di Indonesia seperti teknologi 4G saat ini, pekerjaan online dari rumah bisa dibilang semakin berkembang pesat khususnya bagi generasi muda yang memiliki skill atau kemampuan khusus.

Generasi yang sering disebut “generasi millenial” ini seolah bergerak membentuk peradaban baru dan meninggalkan generasi orang tuanya yang belum memiliki banyak sarana guna mengedepankan teknologi dalam mencukupi kebutuhan bisnisnya. Namun saat ini generasi millenial membawa sistem baru berbasis online dalam setiap pekerjaannya.

Mereka mampu berkarya dan menghasilkan uang dengan teknologi internet ini. Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan bisa menghasilkan ribuan dollar hanya dengan perangkat seadanya.

Pada saat ini kebanyakan kaum millenia menggukan jaringan internet untuk bermain game online, menonton konten kreatif seperti youtube, mendengarkan musik atau bahkan menciptakan konten-konten menarik seperti blog atau chanel youtube bahkan menjadi freelancer melalui jaringan online.

Jaringan online sudah menjadi bagian hidup dan menjadi nafas baru dan urat nadi perkembangan bisnis termasuk pekerjaan freelance dimana antara pemilik kerja dan pekerja itu sendiri tidak harus bertemu, namun cukup dengan berkomunikasi melalui jaringan online.

Jika dilihat dari arti katanya, Freelance  sendiri merupakan istilah untuk pekerjaan yang tidak mengikat secara kontrak dan bisa dikerjakan dimana saja tanpa harus terikat jam kerja layaknya kerja di kantor. Sedangkan untuk pelaku freelance itu sendiri disebut atau dikenal dengan sebutan Freelancer.

Apakah kerja freelance online sangat menjanjikan?


Dengan semakin meningkatnya teknologi digital saat ini, kemampuan anak muda Indonesia semakin terasah dan mampu menciptakan konten-konten menarik seperti tulisan, video konten promosi maupun desain grafis.

Melalui media internet, mereka mampu memperjualbelikan hasil karya serta jasa sebagai freelancer. Hal yang paling menarik disini adalah, mereka dapat menyentuh market luar negeri tanpa harus bertatap muka dan mampu memperoleh hasil dalam uang dollar dengan mudah.

Saat ini, banyak sekali anak muda yang berhasil memperoleh ribuan dollar hanya dengan kerja freelance. Sebagai contoh silahkan lihat video di bawah ini:

youtube image

Untuk kedepannya, kemungkinan teknologi komunikasi semakin cepat, bagus dan mudah diakses oleh siapa saja. Sehingga keberadaan freelancer akan sangat terbantu dengan kemudahan tersebut.

Guna mendukung koneksi antara pekerja dan pemilik kerja, maka saat ini sudah mulai bermunculan semacam marketplace untuk menjadi jembatan bagi owner dan freelancer. Melalui marketplace ini para freelancer dapat menunjukkan kemampuannya dan menerima pekerjaan dari berbagai negara.

Kerja freelance adalah pekerjaan yang memiliki waktu lebih bebas. Karena tidak ada keterikatan waktu, maka para freelancer bisa menyelesaikan pekerjaannya dimana saja. Namun yang paling penting adalah waktu deadline yang jelas tentang hasil karya yang harus dikirim kepada owner sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Berikut ini 15 website yang bisa digunakan untuk kerja freelance dari rumah.


Sribulancer Projects Freelancer Fiverr Upwork Guru Fastwork Shutterstock Freepik Graphicreverr Creativemarket 99designs Sribu Spreadshirt Teespring

1. Seribulancer.com


Seribulancer adalah website lokal yang mempertemukan antara owner dan freelancer. Karena ini adalah website maka sebagian besar pekerjaannya berasal dari Indonesia dan deskripsi pekerjaan menggunakan bahasa indonesia.

Melalui website ini, banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan seperti menulis artikel, desain grafis, input data dan membuat website.

Setiap hari banyak pekerjaan yang masuk dan untuk mendapatkan pekerjaan dari situs ini maka para freelancer harus membuat penawaran harga dan menunjukan portofolio dari pekerjaan yang sudah pernah dikerjakan.

Hal yang menarik dari situs ini adalah penerapan batas bawah penawaran harga sehingga sangat membantu para freelancer agar pekerjaan yang diperoleh memiliki harga yang sesuai dengan tugas yang harus diselesaikan.

Kunci kesuksesan mendapatkan pekerjaan di situs sribulancer ini adalah memiliki portofolio yang baik dan memiliki review yang bagus dari para klien yang sudah memesan jasanya. Karir ini bisa dibangun dengan cara melalukan bid setiap hari dan menambah portofolio hasil karya yang bisa memikat hati para calon klien.

2. Projects.co.id


Projects.co.id juga merupakan situs lokal yang memiliki member paling banyak. Disini para freelancer dapat melakukan bid atau penawaran harga yang lebih murah sehingga kemungkinan mendapatkan pekerjaan akan lebih besar.

Sama kasusnya seperti pada sribulancer, karena ini adalah situs lokal maka para pemberi kerja biasanya berasal dari Indonesia dan melingkupi beberapa kategori seperti membuat artikel, presentasi, video editing, desain grafis, sampai dengan jasa pembuatan blog atau website.

Situs ini cocok bagi para pemula yang ingin merasakan kerja freelance karena persaingannya cukup mudah. Kebanyakan orang yang memberikan bid paling rendah akan mendapatkan pekerjaan tersebut. Namun untuk meningkatkan karir dengan baik, maka setiap pekerjaan yang diterima harus dikerjakan secara profesional dan memberikan pelayanan yang cepat meskipun secara harga  mungkin dibawah standar.

3. Freelancer.com


Freelancer adalah situs luar negeri dimana para worker dan owner kebanyakan berasal dari luar negeri seperti Australia, Amerika, Jerman dan India.

Memang diakui untuk mendapatkan pekerjaan melalui situs ini lebih sulit karena persaingan yang ketat dan banyak sekali para freelancer profesional yang ikut dalam setiap penawaran kerja. Namun demikian, tidak ada hal yang tidak mungkin jika semua itu dikerjakan dan mau belajar dengan baik.

Saat ini pembayaran kepada para worker dari Indonesia sudah bisa dilakukan langsung melalui transfer bank lokal. Hal ini tentu saja sangat membantu para pekerja freelance dari Indonesia karena sebelumnya harus menggunakan akun paypal.

Kelebihan dari situs ini adalah banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan setiap hari. Selain itu karena pekerjaan tersebut berasal dari luar negeri maka hasil yang didapat berupa nilai dollar sehingga harga jasa yang didapatpun jauh lebih besar dibanding situs freelance dari Indonesia.

Kunci sukses dalam membangun karir di situs ini tetap sama yaitu membuat portofolio yang semenarik mungkin agar calon klien betul-betul tertarik dengan hasil karya para freelancer. Selain itu karena kebanyakan bule yang membutuhkan jasa pekerja online maka para freelancer harus mampu berbahasa inggris atau minimal mampu menggunakan alat translator seperti google translator.

4. Fiverr.com


Fiverr merupkan marketplace bagi freelancer yang memiliki sistem kerja berbeda daripada 3 situs diatas tadi. Fiverr bisa diibaratkan market atau pasar yang menjajakan berbagai jasa.

Setiap freelancer tidak perlu melakukan bid atau berebut pekerjaan dengan freelancer yang lain, namun cukup membuka jasa dengan membuat “gigs” sesuai dengan kemampuan keahlian yang dimiliki.

Market pasar ini masih terbuka lebar, bahkan banyak orang Indonesia yang berhasil mendulang dollar melalui situs ini.

Berikut E-book gratis tips memperoleh 100 Juta pertama dari fiverr: Kerja freelance

Kalau dilihat dari nama situsnya, seolah harga jasa yang ditawarkan sangat murah yaitu $5 setiap jasa, namun sebetulnya itu adalah bahasa promosi yang bertujuan untuk mengundang banyak owner untuk berkunjung ke situs tersebut karena pada kenyataannya, harga yang ditawarkan bisa lebih dari $5.

Kemudahan yang lain dari situs ini adalah nama besar situs itu sendiri. Dengan terkenalnya situs ini dan banyaknya promosi yang dilakukan situs ini maka para freelancer sangat terbantu karena tidak perlu beriklan namun pekerjaan bisa datang sendiri.

Kunci kesuksesan kerja freelance di fiverr adalah membuat penawaran atau “gigs” yang bagus serta menunjukan hasil karya terbaiknya guna mengundang rasa kagum bagi calon klien.

5. Upwork.com


Bisa dibilang upwork ini memiliki sistem yang hampir sama dengan fiverr karena setiap freelancer harus membuat “gigs” agar para calon klien dapat memilih sendiri pekerja yang cocok untuk memenuhi kebutuhannya.

Situs ini juga memberikan harga penawaran yang bersaing serta memiliki ranking yang bagus jika dilihat dari banyaknya calon klien yang masuk setiap harinya.

Kunci kesuksesan membangun karir di Upwork.com adalah membuat “gigs” yang menarik dan membuat para calon klien tertarik. Karena banyak sekali kompetitor yang menawarkan jasa yang sama, maka kalimat penawaran dan harga paket yang ditawarkan harus memiliki nilai lebih dibanding jasa orang lain.

Situs ini masih sangat direkomendasikan bagi para pencari kerja online saat ini. Banyak sekali orang Indoensia yang bergabung dalam situs ini.

6. Guru.com


Guru merupakan situs lokal yang memberikan jasa bagi para freelancer untuk mendapatkan pekerjaan dari para klien dari berbagai negara.

Sistem kerja melalui situs guru ini hampir sama dengan freelancer dan mungkin sedikit sentuhan menyerupai fiverr.com. Setiap freelancer harus membuat penawaran jasa yang menyerupai gigs dan melakukan bid pekerjaan dari klien yang membutuhkan jasa freelancer.

Namun secara jumlah pekerjaan, mungkin guru.com masih kalah jauh dibanding freelancer.com. Meskipun begitu, situs ini juga perlu dicoba untuk mendapatkan kesempatan pekerjaan yang diinginkan.

7. Fastwork.id


Fastwork adalah situs jasa online yang memberikan ruang bagi para pekerja online menawarkan jasa keahliannya layaknya membuka toko pribadi dan menawarkan produk terbaiknya.

Sistem kerja dari sistus ini sama seperti fiverr.com dengan membuat paket harga jasa yang ingin ditawarkan.

Banyak katergori yang bisa ditawarkan melalui situs ini seperti desain grafis, editing video, input data, dan jasa promosi digital lainnya.

Situs ini perlu dicoba karena belum begitu banyak saingan yang masuk dan bisa menitih karir dari awal dan membentuk brand nama yang lebih baik.

Namun untuk menjaga keaktifan dari para member, maka ada ketentuan yang berlaku yaitu para member harus setiap hari masuk atau log in ke situs ini. Jika terlambat 1 hari maka jasa kita akan disembunyikan sementara.

8. Shutterstock.com


Shutterstock merupakan microstok yang menjual produk digital seperti gambar vektor, foto maupun video pendek.

Situ ini sangat berbeda dibanding 7 situs diatas tadi. Kerja freelance melalui situs ini bisa dibilang lebih fleksibel karena para freelancer tidak perlu berkontak langsung dengan owner atau pencari produk digital.

Selain itu freelancer betul-betul memiliki kebebasan waktu dalam menciptakan hasil karya tidak seperti pada jasa freelance 7 situs di atas tadi.

Tugas yang perlu dilakukan oleh para freelancer adalah membuat konten yang menarik seperti gambar vektor, foto, atau video pendek dimana sebelum di publish, konten tersebut harus melalui verifikasi terlebih dahulu dari pihak admin shutterstock untuk memastikan kualitas produk yang akan dijual.

Jika produk tersebut disetujui, maka konten tersebut akan di publish dan menjadi nilai investasi bagi para freelancer. Jika konten tersebut dibeli oleh para buyer, maka freelancer akan memperoleh bagian sebagai uang jasa atas produk mereka.

Bagi calon freelancer yang menginginkan sistem kebebasan dan tidak mau terikat dengan siapapun bisa mencoba situs ini sebagai sumber pendapatan dari rumah.

9. Freepix.com


Situs yang satu ini juga memiliki sistem kerja sama seperti shutterstock. Saat ini freepix memiliki nama yang semakin melejit karena sistem free download bagi para pengunjung yang tertarik pada konten yang ada dalam situs tersebut. Namun tentu saja ada syarat dan ketentuan berlaku terutama mengenai lisensi yang harus disertakan setiap menggunakan produk gratis dari freepik.com.

Harga perolehan yang didapat oleh para freelancer ketika produk yang mereka miliki dibeli oleh buyer tidak jauh berbeda dengan shutterstock.

Namun mengingat besarnya nama freepik, maka bagi para freelancer wajib mencoba situs ini sebagai sumber kerja online dari rumah.

10. Graphicreverr.com


Graphicreverr adalah situs penjual konten digital seperti logo, template banner, template proposal business dan konten digital lainnya.

Untuk situs satu ini wajib dicoba dan sangat rekomendasi karena sistem yang diberikan cukup fair dan dapat menjadikan sumber pendapatan yang besar bagi para freelancer.

Situs ini memberi kebebasan para freelancer untuk menentukan harga konten yang ia ciptakan dan dengan pembayaran sistem bagi hasil 50:50 dengan pihak graphicreverr untuk setiap konten yang terjual. Rata-rata orang bisa mendapatkan ribuan dollar dari situs ini.

Namun sebelum produk freelancer dijual melalui situs ini, ada tahap awal yaitu verifikasi dari pihak admin graphicreverr apakah konten tersebut layak untuk dijual dan mampu menjaga kualitas produk yang dipasarkan oleh graphicreverr.

11. Creativemarket.com


Creativemarket juga merupakan marketplace yang memiliki sistem sama seperti graphicreverr.com. Para freelancer dapat menjual produk mereka seperti template blog, foto, graphic vektor dan beberapa produk digital lainya.

Situs ini juga memberi kebebasan bagi para freelancer untuk menentukan harga dari konten yang mereka ciptakan. Tentu saja ini sangat menarik karena mampu memberi pemasukan yang lebih besar.

Sistem verifikasi juga berlaku dalam situs ini, setiap karya yang dikirim akan dinilai oleh pihak admin terlebih dahulu untuk melihat kelayakan dan nilai lebih dari produk yang ingin dijual.

12. 99designs.com


Kerja freelance memang membutuhkan kreatifitas dan keahlian khusus. Jika belum memiliki maka hal tersebut bisa dibangun dengan cara berlatih secara serius.

Untuk situs yang satu ini, memiliki sistem yang berbeda dari 11 situs di atas. 99designs.com adalah situs kontes logo yang sangat terkenal.

Hal yang menarik dari situs ini adalah hadiah yang ditawarkan bagi pemenang kontes cukup besar bahkan hingga ratusan dollar rupiah. Bagi para freelancer yang memiliki hobi atau kemampuan membuat logo wajib mencoba situs ini.

Namun perlu diingat bahwa situs ini memiliki sistem audisi yang cukup ketat, jadi jika freelancer memberikan hasil karya yang masih standar dan hanya mampu menciptakan logo generik maka pihak 99designs.com akan mensuspens akun tersebut dan diberikan waktu untuk belajar terlebih dahulu.

13. Sribu.com


Sribu.com adalah situs untuk kerja freelance dari Indonesia. Sistem kerja dari situs ini hampir sama dengan 99designs.com yaitu mengadakan kontes logo bagi perusahaan-perusahaan tertentu.

Namun untuk bisa membuka akun di situs ini harus melewati audisi terlebih dahulu yaitu calon freelancer harus membuat konten menarik seperti brosur, desain 3d sesuai peraturan yang berlaku dan akan dinilai ileh pihak sribu.com tentang kelayakannya.

Hadiah yang ditawarkan bagi para pemenang dalam situs ini juga sangat lumayan hingga menyentuh jutaan rupiah. Banyak freelancer dari Indonesia yang mengikuti kontes terutama generasi millenia.

14. Spreadshirt.com


Spreadshirt adalah situs printing by order yang menjual saya desain kaos, bantal, kanvas dan produk printing lainnya.

Bagi para freelancer yang tertarik dengan dunia grafis bisa mencoba situs yang satu ini. Freelancer hanya perlu membuat desain yang menarik dan dipasang melalui situs ini tanpa melalui tahap verifikasi desain.

Jika ada pembeli yang tertarik, maka hasil penjualan tersebut akan menjadi hak freelancer dengan sistem bagi hasil dengan pihak spreadshirt.com.

15. Teespring.com


Teespring merupakan situs penjual T-shirt printing by order terkenal di dunia. Banyak sekali transaksi penjual yang terjadi melalui situs ini.

Sama seperti spreadshirt.com, para freelancer yang bekerja melalui situs ini cukup memasang hasil karya desain mereka hingga ada pembeli yang membelinya.

Mengingat nama teespring yang sangat terkenal maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari situs ini bisa dibilang masih terbuka lebar. Hal yang perlu dilakukan adalah tetap fokus dan serius dalam menciptakan karya desain yang menarik dan uptodate.

Itu tadi 15 situs yang bisa diikut sebagai sumber marketplace bagi para freelancer. Jangan pernah menyerah dan terus berusaha untuk kerja freelance.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar