Skip to main content
Home ×

Dunia Blogging: Membangun Branding atau Optimasi Kata Kunci

Perkembangan blogging terus berkembang pesat. Pada generasi millenia ini orang mulai nyaman dengan gadget dan selalu memonitoring gosip terbaru setiap hari. Dunia blogging menjadi lebih dekat berkat aplikasi-aplikasi yang terus dikembangkan seperti media sosial. Apakah kata kunci sudah tidak lagi relevan dan membangun branding lebih optimal?

Di tahun politik ini, orang gemar sekali membagikan artikel-artikel entah itu politik atau artikel yang lain. Tetapi mereka tidak peduli dengan kata kunci melainkan lebih melihat relevansi berita dengan suasana saat ini. Orang lebih banyak mengomentari artikel yang sedang up-date daripada artikel yang memiliki life time panjang dan muatan ilmu yang lebih padat.

Paradikma lama mengatakan bahwa untuk bisa bertahan lama dan memiliki pengunjung yang membludak maka harus menyematkan kata kunci yang berkualitas dan disertai sistem optimasi search engine (SEO) yang bagus.

Namun juga perlu di ingat bahwa saat ini pertumbuhan blogging terus berkembang, banyak sekali blogger-blogger baru yang bermunculan dengan gayanya masing-masing. Membludaknya artikel yang bermunculan setiap hari membuat persaingan semakin ketat. Orang harus beradu kreatifitas dan tampilan dengan bahasa blog yang menarik untuk bisa bertahan hidup.

Disisi lain, dunia visual juga sedang melaju kencang. Penggemar chanel youtube semakin bertambah dan berdasarkan survei bahwa melihat berita dalam bentuk visual lebih mudah diterima daripada dalam bentuk text tertulis.

Baca Juga: Meningkatkan Peringkat Blog dengan SEO Reviewtools

Fenomena ini tentu saja memunculkan pertanyaan baru apakah paradikma lama tentang kata kunci sebuah artikel masih menjadi senjata ampuh untuk mendatangkan pengujung?

Blog yang mengandalkan kata kunci biasanya lebih banyak pengunjung baru dibandingkan pengujung setia yang kembali karena mencari update terbaru dari sebuah blog. Dengan banyaknya artikel yang sejenis dan perjuangan untuk muncul di halaman pertama search engine yang semakin sulit maka butuh inovasi baru agar tidak tenggelam dilibas oleh blog-blog baru yang lebih kreatif.

Membangun branding adalah salah satu cara untuk mengatasi persaingan blog yang semakin ketat. Dengan memperjelas nice sebuah blog dan menghadirkan artikel-artikel terhangat bisa jadi menjadi pemicu orang untuk berkunjung kembali dan kembali.

Memanfaatkan media sosial untuk membangun branding adalah salah satu langkah yang tepat. Dengan berkembangnya aplikasi yang begitu banyak, media sosial menjadi alat yang selalu ada disamping setiap pemakai gadget atau smartphone.

Membangun branding sebuah blog bukan berarti melepaskan sistem SEO yang harus dilakukan, tetapi seorang blogger tidah boleh terbelenggu sisi kreasinya karena keterikatan kata kunci. Menghadirkan artikel yang lebih bergaya dan mengalir tanpa ikatan kata kunci akan menghasilkan kalimat yang lebih menarik.

Membangun branding lebih menekankan kepada nama blog itu sendiri untuk bisa diingat banyak orang. Membangun branding tentu saja harus didukung dengan artikel-artikel baru yang terupdate setiap hari sehingga orang setia untuk mencari jawaban atas pertanyaannya melalui blog tersebut.

Memiliki judul yang menarik serta isi artikel yang bermanfaat akan memudahkan orang untuk mengigat nama blognya. Memberikan sentuhan-sentuhan eksentrik menurut gaya masing-masing akan menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Cara Mengatasi Komentar Disqus Lambat Loading

Dunia media sosial adalah alat yang ampuh untuk membangun pengikut yang setia. Dengan membuat komunitas atau halam khusus di media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk membangun follower.

Ketik Branding sebuah blog berhasil diciptakan maka jumlah pengunjung akan semakin bertambah dengan bantuan dari share para pengunjung setia. Situasi ini menjadi sangat baik untuk perkembangan blog selanjutnya. Berikut tadi jawaban atas pertanyaan dunia blogging apakah membangun branding atau optimasi kata kunci.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar