9/07/2017

Cara Menaikkan Nilai Active View Viewable di Google Adsense

active view viewable; tampilan tampak aktif;
Menaikkan Nilai Active View Viewable

Nilai active view viewable adalah tolak ukur penampakan sebuah iklan google adsense dalam blog, Menaikkan nilai AVV akan mempengaruhi jumlah klik iklan, BPK dan PPS.

Halo sobat produreview.com pada kesempatan kali ini kita akan berbicara tentang viewable sebuah iklan atau disingkat AVV. Bagaimana cara meningkatkan nilai active view viewable tersebut serta poin apa saja yang perlu diperhatikan agar iklan mampu tampil maksimal dalam blog kita?

AVV adalah persentase penampakan aktif yang dapat terukur sebagai tolak ukur kelayakan iklan dalam hal penayangan di blog kita. Mengacu pada keterangan google support yang bisa kalian lihat di Active View Viewable, Nilai AVV dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:

  • Kecepatan Loading Blog.
  • Seperti kita ketahui bahwa jenis iklan adsense dikelompokkan menjadi 4 yaitu gambar, multimedia, animasi dan teks. Untuk jenis iklan multimedia dan animasi sangat dibutuhkan kecepatan loading blog yang lebih ringan agar iklan mampu muncul sebelum pengunjung menggulirkan kursor ke bawah atau meninggalkan blog.

    Jika loading blog berat dan tidak memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung tentu saja nilai viewable akan turun. Nilai AVV sangat berpengaruh pada jumlah klik iklan, karena semakin sedikit iklan muncul secara terukur maka pengunjung kurang bisa melihat iklan secara jelas.

  • Letak Iklan Pada Blog.
  • Letak iklan ikut ambil bagian dalam mempengaruhi nilai Tampilan aktif terlihat atau AVV. Ada bagian-bagian tertentu yang tidak mendapat perhatian khusus oleh pengujung pada blog karena faktor tata letak serta isi konten yang kita ciptakan.

    Letak iklan sangat berpengaruh dalam meningkatkan nilai active view viewable karena faktor psikologi para pengunjung pada umumnya. Ketika kita bisa meletakan iklan pada posisi yang memiliki penampakan yang jelas serta pergerakan kursor  yang melambat maka nilai AVV tentu saja akan bertambah.

active view viewable; tampilan terukur aktif
Meningkatkan Nilai Active View Viewable

Cara Memaksimalkan Nilai Active View Viewable dalam blog.

Cara untuk meningkatkan nilai tampilan aktif terlihat pada unit iklan yang kita pasang bisa dilakukan sebagai berikut. Secara teknis kecepatan loading blog tentu saja bisa kita optimalkan dengan beberapa langkah seperti membenahi template atau kompresi pada kode css dan html. Selain itu menampilkan blog secara minimalis tanpa atribusi yang terlalu banyak juga bisa mempengaruhi kecepatan blog lebih ringan.

Untuk pengoptimalan kecepatan blog agar lebih cepat berdasarkan data page speed test dari google developer akan saya bahas pada pembahasan berikutnya. Tetapi pada kesempatan ini, saya akan lebih fokus untuk membahas tentang trik untuk menaikkan nilai tampilan aktif terlihat secara psikologi umum.

Catatan:
Cara ini tidak baku atau harus dilakukan persis seperti apa yang saya lakukan, tetapi saya berharap teman-teman bisa mengambil poin-poin pentingnya untuk kalian kembangkan sesuai dengan tampilan blog masing-masing.


Versi Desktop:
Pada umumnya pengunjung saat pertama landing di sebuah halaman atau artikel, mata akan sepintas melihat sekeliling blog sambil menunggu proses loading selesai. Di sini proses kecepatan loading sangat berpengaruh, karena jika loading sangat lambat maka pengunjung akan pergi sebelum konten muncul, apalagi iklan andsense biasanya muncul setelah konten tampil di halaman.

Untuk pengalaman pengunjung sepert kasus diatas, meletakkan iklan pada posisi header akan sangat membantu menaikkan nilai active view viewable. Hal yang perlu diperhatikan adalah tampilan header yang ramping dan tidak terlalu memuat banyak gambar atau background sehingga loading lebih cepat dan iklan segera muncul. Karena pada proses ini sebetulnya pengunjung hanya menunggu proses loading konten yang sedang mereka cari.

Meletakan gambar yang besar pada awal artikel hingga melebihi separo dari paruh atas halaman akan membuat pengunjung segera menggulirkan kursornya ke bawah melewati satu lipatan atas dari blog kita. Dalam kasus ini, meletakkan iklan pada posisi sidebar kanan atas dinilai kurang efektif karena durasi kemunculan iklan bisa dibilang sangat pendek karena efek gambar yang terlalu besar di awal artikel sehingga pengunjung segera menggulirkan halaman ke bawah kecuali gambar tersebut memiliki muatan manfaat atau poin-poin dalam isi artikel.

Awal kalimat atau pembuka biasanya akan menjadi perhatian penuh pembaca karena mereka ingin menangkap arah dan isi dari artikel tersebut. Orang akan membaca dengan cermat dan meneliti dari kalimat pembuka tersebut. Hal ini akan memberikan efek pada pergerakan kursor yang melambat karena pengunjung sedang konsentrasi membaca. Meletakan iklan pada sisi kanan sidebar akan memberikan nilai viewable yang lebih baik karena iklan sudah muncul dan bergerak secara perlahan.

Meletakkan iklan pada tengah posting juga memberi pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Biasanya inti pembahasan artikel berada di tengah sehingga pengunjung lebih memperhatikan isi konten. Posisi ini juga mengakibatkan pergerakan kursor yang melambat sehingga apabila diletakkan iklan pada tengah artikel akan memiliki potensial klik yang lebih besar dan nilai viewable yang lebih tinggi.

Sedangkan pada akhir artikel biasanya berisi kata penutup atau kesimpulan. Sebagian besar pengunjung akan mulai mengurangi konsentrasi dalam memperhatikan isi konten, mereka akan mencari topik atau artikel lain yang sekiranya menarik untuk dibaca. Jenis iklan tautan biasanya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Versi Mobile.
Untuk tampilan versi mobile, hal yang sangat berpengaruh adalah lebar layar. Ketika pengunjung melihat blog melalui desktop maka pandangan akan lebih lebar dan luas. Sedangkan untuk versi mobile ia lebih sempit dan tampilan lebih bersifat vertikal dan tersusun dari bawah ke atas.

Pemasangan pada header menjadi tampilan pertama bagi pengunjung untuk melihat judul konten. Posisi ini juga memberikan dampak yang bagus bagi kenaikkan nilai Active view viewable. Namun yang perlu diperhatikan adalah kecepatan loading, maka dari itu sekarang ini mulai berkembang template versi mobile atau responsive serta AMP untuk mendukung kecepatan blog.

Pemasangan iklan pada tengah posting harus didukung dengan artikel yang memuat inti permasalahan pembahasan pada tengah artikel sehingga pembaca tidak melompati iklan dengan cepat. Usahakan pembaca tetap fokus melihat isi artikel meskipun sedang melewati iklan gambar.

Pada akhir artikel biasanya akan ditutup dengan kesimpulan dan usahakan pengunjung untuk melakukan kunjungan ke halaman lain sehingga proses penayangan iklan akan dimulai dari awal lagi yaitu header. Namun untuk mengantisipasi pengunjung yang tidak melanjutkan penelusurannya ke halaman berikutnya, maka bisa dipasang iklan bergambar atau tautan pada akhir artikel sehingga memiliki poin tersendiri bagi pemilik blog.

Hal yang perlu menjadi perhatian juga adalah mengurangi gambar yang akan mengaburkan penampakan dari iklan itu sendiri. Dengan penampilan yang minimalis dan sedikit gambar yang muncul maka pengunjung akan lebih fokus dengan tampilan iklan yang mungkin akan memikat hatinya karena bentuk iklan yang menarik. Ketika blog kita dipenuhi dengan gambar, maka iklan akan lebih tenggelam dan menjadi sesuatu yang biasa seperti gambar lainnya.

Sebagai penutup pembahasan ini, kita sebagai publisher sebuah tayangan iklan harus tetap memperhatikan nilai viewable sebagai data masukan terhadap penampakan iklan. Apa yang saya sampaikan diatas tadi tidak bersifat mutlak dan bisa saja setiap blog memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Namun hal yang menjadi poin pembahasan kali ini, dalam meletakan iklan harus memperhatikan hal-hal seperti isi konten, gambar, kecepatan loading dan sebagainya termasuk psikologi pengunjung sehingga nilai AVV akan meningkat.


Dengan meningkatnya nilai AVV ini tentu saja akan memberikan nilai kemungkinan yang lebih besar bagi pengunjung untuk melihat iklan tersebut. Di samping itu, dengan meningkatnya nilai active view viewable tentu saja akan berpengaruh terhadap BPK dan PPS.

Itu saja pembahasan kali ini mengenai tampilan aktif terlihat yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa mengembangkan pendapatan adsense teman-teman semua.

This Is The Newest Post
Kolom Komentar >>BukaTutup