6/12/2017

Ngeblog Bikin Stress, Lihat 3 Hal Ini!

Tags

Jujur, pengalaman awal saya memulai blog memang karena mendengar bahwa orang bisa dapat duit melalui ngeblog. Terdengar cukup mudah karena hanya membuat tulisan kemudian dipasangin iklan dah... uang akan mengalir ke kantong tiap bulan.

Namun ternyata tidak mudah, ngeblog bikin stress dan capek karena gak ada kunjung hasil dan melelahkan. Itu tadi perasaan setelah saya mencoba ngeblog dan berkhayal tentang hasil yang sama seperti orang-orang yang telah lebih dulu terjun menekuni bidang ini.

Namun setelah mengalami kegalauan dan melihat realita yang ada, baru saya tersadar bahwa ada beberapa cara dan pemikiran yang salah dalam diri saya terhadap dunia blogging ini.

Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?

Apakah kamu juga merasa stress karena blog bukan menjadi jalan keluar atas permasalahan keuanganmu?

Apakah kamu capek harus update postingan setiap hari atau seminggu sekali?

Apakah blog kamu sepi dan tidak ada pengunjung?

Berikut ini beberapa hal yang terlintas dalam benak saya sekarang ini tentang dunia blogging yang menurut saya lebih tepat dan mampu mengurangi beban pikiran agar tidak membuat stress dan malas untuk mengupdate tulisan secara rutin.

Ngeblog Adalah Hobby.

Ngeblog adalah saluran energi atas hobby yang mereka miliki melalui menulis, gambar atau karya lainnya. Dengan hobby yang tersalurkan maka mereka merasa puas dan lega telah membagikan karyanya ke khalayak umum untuk dilihat dan dinilai. Tujuan mereka lebih kepada saluran energi tersebut tanpa berorientasi secara materi terlebih dahulu. Ketika orang memberikan komentar dan masukan, mereka akan merasa puas bahwa hasil karyanya telah mendapatkan apresiasi dari orang lain apa lagi bisa bermanfaat bagi penikmatnya.

Ngeblog Bukan Habit yang Dipaksakan.

Ngeblog tidak bisa dianggap sebagai aktivitas rutin saja untuk selalu update artikel setiap hari karena hal itu akan berdampak pada pemaksaan ide dan gagasan. Passion yang seharusnya terbangun dalam blog itu akan menjadi hilang dan tulisan artikelnya hanya akan menjadi sampah karena mengejar jumlah artikel setiap hari. Jika blog tersebut tak kunjung ramai dan tidak menghasilkan apa-apa maka kemungkinan besar rasa bosan akan cepat muncul dan akhirnya meninggalkan blog tersebut terbengkelai.

Ngeblog harus dilakukan dengan senang dan ceria. Setiap hasil karya yang dikeluarkan merupakan ekspresi seorang blogger terhadap suatu kasus atau informasi yang ingin mereka sampaikan. Ketika blogger mampu melakukan demikian maka beban pikiran stress tidak akan muncul karena bukan semata-mata mengejar setoran atas target yang belum tentu membuahkan hasil.

Tujuan Utama Ngeblog Bukan Uang.

Secara umum blog memang bisa menghasilkan uang, dengan berbagai kerjasama sebagai contoh iklan yang bisa terpasang dalam blog tersebut. Tetapi jika tujuan awal ngeblog karena ingin segera memperoleh hasil untuk menutupi kekurangan finansial tiap bulan, maka hal tersebut adalah pemikiran yang kurang tepat.

Orang akan cepat sekali bosan dan stress karena perjuangan seorang blogger untuk menghasilkan uang perlu pengorbanan waktu, uang, pikiran dan tidak bisa diperoleh secara instan. Blogger harus selalu melakukan aktivitas yang unik dan tepat untuk bisa bersaing dengan blog-blog lainnya.

Maka dari itu jika tujuan uang sebagai orientasi awal maka biasanya akan berkhir dengan kegagalan dan blogger akan beralih ke bidang lain atau rutinitas lainnya.

Kolom Komentar >>BukaTutup